Sosialisasi Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala. Penilaian dimaksud dapat dilakukan melalui pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat sebagai bentuk partisipasi publik untuk mengukur kualitas sekaligus memberikan gambaran pendapat sebagai upaya pembenahan dan dorongan bagi setiap unit pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangkap penyusunan laporan hasil pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang harus disampaikan ke Kementerian PAN-RB, maka telah dilaksanakan sosialisasi pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara pada Selasa, 22 Agustus 2023 pukul 09.00 s.d. 12.30 WIB. Sosialisasi dilaksanakan di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara. 

Sosialisasi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Bapak Binhot Isak Aritonang, S.Sos, M.Si, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Ibu Cathirina Fitri Tampubolon, SE, M.Ec.Dev beserta tim.

Peserta sosialisasi ini adalah perwakilan dari unit layanan yang menyelenggarakan pelayanan publik, di antaranya perwakilan dari Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung, Kecamatan dan UPTD Puskesmas.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan Perangkat Daerah penyelenggara pelayanan publik dapat memahami pentingnya SKM dan berkomitmen untuk melaksanakan SKM di unit layanan masing-masing. Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara juga mengarahkan masing-masing unit layanan untuk melaksanakan SKM secara online dengan menyediakan informasi terkait fitur-fitur teknologi yang dapat digunakan untuk menunjang hal tersebut beserta tahapan secara detail yang dapat diikuti oleh unit layanan agar dapat memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pelaksanaan SKM secara online.